Sukses

Leher Bengkak

13 Sep 2018, 15:58 WIB
Pria, 32 tahun.

Saya ingin bertanya mengenai bagaian daging disekitarleher saya yang mengalami penebalan dan area penebalannya terus mengalami perluasan yang awalnya hanya di bagaian belakang leher kini bertambah kewilayah samping sehingga leher saya nampak membesar, kalau boleh saya ingin bertanya kira- kira ini penyakit apa dan saya harus konsultasi ke dokter spesialis apa ?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang leher bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan leher bengkak. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroidPembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteriPembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahanSebab lain (jarang).Oleh karena itu kami sarankan anda konsultasi ke Dokter Spesialis Bedah Kepala - Leher atau Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokkan, karena status benjolan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar