Sukses

Merawat Luka

13 Sep 2018, 09:04 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya mau tanya dok,, 2minggu yang lalu saya habis insisi abses payudara kiri saya,, lukanya sekarang sudah agak menutup,, tp puting ad milk blister yg besar jdi pas d susui perihnya luar biasa,, sya kasih madu sama asi tpi tetep gk sembuh,, akhirnya sya kasih minyak kelapa tapi waktu d olesin perihnya luar biasa smpek ke tulang",, kira" gimana y agar puting cepat sembuh,,

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.

Waktu penyembuhan luka  bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka.  Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah dapat menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar