Sukses

Seputar Masalah Jantung

13 Sep 2018, 09:04 WIB
Pria, 20 tahun.

Pagi dok mau nanya Penanganan utama buat Jantung bocor sama WPW sindrome bagaimana ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter dari Klikdokter.

Dalam jantung terdapat 4 buah katup yang memastikan bahwa darah dapat mengalir bebas keluar jantung melalui satu arah dan mencegah agar tidak ada aliran darah yang berbalik masuk ke dalam jantung. Klep jantung yang mana yang bocor? jantung memiliki 4 ruang dan 4 klep, masing-masing klep dapat bocor dengan penyakitnya masing-masing.Kebocoran katup jantung (insufisiensi katup jantung) terjadi akibat katup jantung tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga sebagian darah dapat mengalir berbalik arah saat jantung berkontraksi. Akibatnya, jantung gagal memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Semakin besar kebocoran katup yang terjadi maka dibutuhkan usaha jantung yang semakin keras untuk mengatasi masalah tersebut.

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah katup jantung tergantung dari jenis dan keparahan dari kelainan tersebut. Dengan pemeriksaan lebih lanjut dokter dapat mengidentifikasi lokasi, tipe dan luasnya kelainan katup jantung anda. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan membantu dokter memutuskan prosedur pengobatan yang terbaik untuk anda. Jika kelainan katup anda tidak terlalu berat, mungkin dokter akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi gejala ataupun untuk mengurangi kerusakan katup lebih lanjut. Namun, jika kelainan katup anda sudah berat diperlukan operasi penggantian katup untuk mencegah timbulnya kelainan jantung yang lebih berat. 

WPW Syndrome adalah episode dimana terjani kenaikan laju detak jantung (takikardia) yang terjadi karena stimulus listrik abnormal dalam jantung. Penderita WPW syndrome dapat tidak merasakan keluhan apapun, namun bila memiliki keluhan umumnya gejalanya jantung berdegup (deg-degan), pusing, kepala terasa ringan, pingsan, bahkan kematian mendadak.

Kebanyakan penderita WPW syndrome tanpa keluhan/gejala tidak memerlukan pengobatan. Namun pada orang tertentu dengan resiko tinggi (seperti atlet atau pekerjaan resiko tinggi) diperlukan pemeriksaan tambahan seperti elektrofisiologi untuk menentukan adanya resiko henti jantung mendadak. Penderita dengan gejala terutama takikardia memerlukan pengobatan. Pengobatan bertujuan menghentikan takikardia dan mencegah berulangnya takikardia. Beberapa alternatif terapi dapat dilakukan, seperti ablasi radiofrekuensi, pembedahan, atau obat-onatan.

Untuk kasus anda, sebaiknya ditangani dengan memperhatikan kasus anda secara indivisual. Karena itu, berkonsultasilah dengan dokter ahli jantung. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap anda. Pilihan terapi, jika diperlukan, pun dapat didiskusikan. Jangan sungkan untuk bertanya dan berdiskusi dengan dokter anda.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar