Sukses

Pertanyaan - #258061

10 Sep 2018, 10:59 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok.saya mau nanya awalnya kan stiap pagi prut saya mual trus saya minum jamu kunyit tambah air kelapa habis minum itu prut saya panas dan kmbung punggung sya jga panas.stlh 2mingu sdh reda kmbungnya tp skrg pinggang saya sakit dok sdh 3minggu tdk smbuh knpa ya dok??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang maag dan nyeri pinggang melalui fitur Tanya Dokter

Gejala mual yang Anda alami tiap pagi kemungkinan disebabkan oleh gastritis atau maag. Pada pagi hari seringkali perut yang belum terisi makanan menyebabkan keluhan sakit maag muncul. Sakit maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah.

Hal hal yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung diantaranya stress, konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, dan merokok. Oleh karena itu usahakanlah untuk selalu makan tepat waktu agar Anda terhindar dari nyeri maag. 

Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gastritis Anda :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari konsumsi alkohol, rokok, dan soda
  • Hindari stres
  • Makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar

Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida.

Gastritis merupakan penyakit pada saluran pencernaan dan tidak menimbulkan gejala pada pinggang. Apabila Anda memiliki keluhan pada pinggang, penyebabnya dapat beragam, milau dari gangguan otot, saraf hingga ginjal. Ada baiknya melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter untuk mengetahui segera penyebab keluhan Anda tersebut.

Demikian informasi terkait maag dan nyeri pinggang kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar