Sukses

Sinusitis Kambuh Setelah Operasi

12 Sep 2018, 13:32 WIB
Pria, 22 tahun.

Hallo dok , saya mau bertanya dok saya mengalami sesak nafas dan bau mulut yg tdk kunjung sembuh , saya sudah pernah operasi sinus juga dan sudah sering berobat di RS tapi tidak kunjung sembuh juga . Apakah dokter bisa membantu saya ? Saya sangat tersiksa dgn kondisi ini dok saya merasa seperti manusia yg anti sosial

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

 Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya. Sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek.

Operasi pada sinus dilakukan bila gejala tidak dapat dikontrol menggunakan pengobatan yang telah diberikan sebelumnya. Tujuan utama dilakukannya operasi adalah untuk membuat aliran sinus menjadi lebih baik sehingga lendir dapat keluar dari rongga sinus ke rongga hidung dan udara dapat masuk ke rongga sinus. Setelah operasi obat-obatan seperti obat semprot hidung dan pembilasan hidung akan dapat mencapai sinus dengan lebih baik dibandingkan sebelum operasi.

Meskipun sudah dilakukan operasi, sinusitis dapat berluang.Sehingga jangan kaget bila setelah operasi dokter tetap memberikan obat-obatan seperti obat semprot hidung, bahkan antibiotik serta tetap menganjurkan pembilasan rongga hidung dengan air garam. Tujuannya adalah untuk mencegah berulangnya sinusitis sehingga mencegah operasi untuk yang kedua kalinya.

 Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar