Sukses

Pertanyaan - #262365
12 Sep 2018, 12:12 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dokter.. Saya eva Dari surabaya.. Mau tanya nih, beberapa waktu ini tenggorooan saya sering gatal dan sempat berfikir kalau mau batuk. Namun ternyata saya tidak batuk.. Dan tenggorokan saya gak tentu dokter.. Kadang gatal dan kadang normal.. Namun beberapa minggu ini seringan gatal.. Dan akibat itu nafas saya jadi tidak enak aromanya.. Jadi gk pede.. Kira2 penyebabnya apa ya dokter? Terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apakah sebelumnya Anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter? apakah ada keluhan lainnya seperti demam, batuk, pilek, dan lainnya? Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui faktor penyebab rasa gatal pada tenggorokan tersebut. Penyebab gatal pada tenggorokan dapat bervariasi antara lain alergi, iritasi seperti polusi atau rokok, infeksi bakteri, infeksi virus, efek samping obat, dan sebagainya.

Jika terdapat penyakit sistemik yang mendasari seperti infeksi bakteri, diperlukan pemberian antibiotik. Jika disebabkan oleh virus, maka diperlukan istirahat total dan daya tahan tubuh optimal untuk mengatasi infeksi virus tersebut.

Jika dikarenakan iritasi, maka faktor iritan harus dihindari.

Sayang sekali informasi yang Anda berikan sangat terbatas, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar diperoleh pemeriksaan fisik, penunjang, dan penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar