Sukses

Pertanyaan - #262363

12 Sep 2018, 12:12 WIB
Wanita, 18 tahun.

Pagi dok. Umur saya 18thn mau nanya. Kemarin saya tindik ditelinga, terus infeksi dan membengkak jadi saya lepas antingnya sampai sekarang masih belum sembuh dan masih bernanah. Saya sudah coba kompres memakai garam laut asli namun hasilnya nambah besar dan ada rasa nyeri. Jadi gimana sebaiknya dok? Terimakasih.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih sudah bertanya seputar benjolan bernanah di kaki melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelumnya ada beberapa informasi yang kami butuhkan. Apakah Anda memiliki riwayat diabetes, atau penyakit lainnya? Bagaimana karakteristik benjolannya: ukuran, warna, nyeri tekan, konsistensi, jumlah. Kondisi seperti diabetes akan mempengaruhi penyembuhan luka Anda. 

Jika luka tersebut bernanah, maka sudah terjadi infeksi. Sebaiknya Anda ke dokter untuk memperoleh obat yang mengandung antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Saat ini untuk meredakan nyeri Anda dapat mengonsumsi parasetamol untuk antinyeri. Minum antibiotik yang dianjurkan dokter sampai habis, harus diminum tepat waktu sesuai anjuran dokter. Jika Anda minum tidak teratur, maka kuman penyebab infeksi dapat menjadi kebal terhadap obat, sehingga pengobatan akan semakin sulit dan lama. Selain itu konsumsilah makanan tinggi protein (putih telur, ikan, dll) dan vitamin C. Perawatan luka juga mempengaruhi proses penyembuhan, jika terdapat nanah/abses, ada kemungkinan sebaiknya dilakukan insisi untuk mengeluarkan nanah/abses tersebut untuk mempercepat penyembuhan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar