Sukses

Jantung berdebar dan tangan mudah berkeringat

12 Sep 2018, 09:55 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya ingin bertanya. Tangan saya mudah sekali berkeringat bahkan ketika saya tidak melakukan aktivitas yang berat seperti menulis. Saya juga mudah kaget, dan ketika saya kaget jantung saya akan berdebar keras sekali disertai sesak nafas. Saya juga tidak kuat melakukan aktivitas berat seperti berlari. Ketika saya melakukan aktivitas berat, dada saya terasa berat dan kesulitan bernafas, serta susah untuk mengembalikan nafas menjadi teratur kembali. Saya juga sering merasakan nyeri di dada bawah bagian kiri secara tiba2. Saya tidak kuat berdiri terlalu lama, ketika saya berdiri terlalu lama perut saya akan terasa tidak nyaman dan sering sekali berakhir pingsan terutama ketika berdiri dibawah terik matahari. Tangan saya juga sering tremor. Sering merasa pusing dan migrain, kebetulan saya juga penderita vertigo ringan. Tolong bantuannya untuk apa yang harus saya lakukan dokter. Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

Latihan fisik yang terlalu berat.

Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

Obat-obat pelangsing, asma.

Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Adakah salah satu dari penyebab di atas yang terjadi pada Anda? Jika keluhan Anda telah terjadi dalam waktu yang lama, rutin dan mengganggu, saya sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung serta pemeriksaan rekam jantung. Namun, apabila hasil rekam jantung Anda menunjukkan hasil normal, mungkin Anda perlu memperhatikan penyebab-penyebab di atas sebagai beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan keluhan Anda.

Sedangkan telapak tangan yang sering berkeringat atau hiperhidrosis yaitu kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur. 

Penderita hiperhidrosis dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pengobatan-pengobatan tersebut. Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi mengenai keluhan Anda.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar