Sukses

Sakit kepala dan mata

11 Sep 2018, 22:49 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya baru pulang dari Jakarta tgl 28 kemaren dok naik pesawat, pas d pesawat saya memakai headset mendengarkan lagu, sebelum pesawat mendarat kepala saya terasa sakit banget dok, sakitnya d bagian kepala kiri, mata dan bagian hidung dok dan sakit terasa banget saat menarik nafas dok, durasi sakitnya sekitar 15 menit dok, dan sampai sekarang masih sakit d bagian mata dan kepala kiri bagian belakang dok, apa yg menyebabkan sakit nya tu dok, dan mengapa masih berlanjut dok terima kasih dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Nyeri kepala saat sujud di bagian dahi atau mata bisa juga disebabkan oleh sinusitis. Apakah Anda sering batuk pilek? Apakah ini pertama kalinya dirasakan? Untuk menentukan diagnosisnya diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung tidak bisa hanya melalui tanya jawab secara online.

Berikut saya jelaskan mengenai sinusitis:

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

Kurangnya oksigen

Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar