Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Pertanyaan - #258060

10 Sep 2018, 10:59 WIB
Pria, 31 tahun.

maaf dok saya mo nanyak nih.istri saya sedang hamil 2setengah bulan per tanggal 5 agustus 2018 kemaren.saya senang sekali mendengarx,tapi setelah itu istri saya terbukti pada bulan mei melakukan hubungan bukan hanya dengan saya tapi juga dengan laki-laki lain tanggalnya kisaran tanggal 29 mei 2018 mreka berhubungan.istri saya menstruasi tanggal 19 mei,nah yang saya tanyakan dengan usia kandungan segitu ada kemungkinankah itu bukan anak saya,soalx usia kehamilan yang 2setengah bulan tersebut saya tarik mundur ya bulan mei itu.mohon bantuannya dok.trimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya tentang Menentukan Ayah dari Bayi yang Dikandung melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah wanita tersebut memiliki siklus haid yang teratur setiap bulannya selama 6 bulan belakangan? Karena masa subur seseorang bisa berbeda - beda tergantung siklus haid nya. Bagaimana dengan waktu Anda berhubungan dengan istri Anda? Apakah dalam masa suburnya? Menentukan perkiraan pembuahan melalui tanggal saja adalah tidak pasti.

Untuk memastikannya dapat dilakukan tes DNA. Tes DNA dapat dilakukan sejak hamil muda, yaitu saat kehamilan trimester pertama. Tes DNA yang dilakukan sebelum bayi dilahirkan disebut dengan tes DNA prenatal. Ini merupakan tes untuk mengetahui ayah biologis/kandung dari janin tersebut.

Tes DNA prenatal membutuhkan 3 bahan, yaitu DNA ayah, DNA ibu, dan DNA janin. DNA ayah dan ibu bisa diambil dari darah atau usapan lendir dinding mulut. Sedangkan DNA janin diambil dari cairan amnion (ketuban) melalui amniosentesis yang mengandung sel-sel janin atau jaringan dari plasenta (ari-ari) melalui prosedur chorionic villus sampling (CVS).

Perlu diketahui bahwa tes DNA prenatal merupakan isu yang sensitif karena banyak pertimbangan etika dan moral, termasuk risiko tes itu sendiri terhadap ibu hamil dan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Menentukan Ayah dari Bayi yang Dikandung. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar