Sukses

Pertanyaan - #258058

10 Sep 2018, 10:59 WIB
Pria, 45 tahun.

selamat siang dokter.Kulit saya terasa gatal-gatal di seputar leher memerah dan panas.Kira-kira saya mengalami penyakit apa ya dokter?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai gatal pada leher melalui fitur Tanya DokterHalo,

Sayangnya Anda tidak menyebutkan sejak kapan Anda mengalami keluhan ini. Diperlukan informasi lebih jauh mengenai masalah kulit Anda seperti, ukuran, bentuk, luasnya, daerah sekitarnya. Masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda, yang Anda alami dapat berupa alergi, jika memang terkait makanan maka perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum keluhan muncul. Namun, dapat alergi terhadap suatu bahan tertentu. Adakah bahan tertentu yang Anda kenakan di sekitar kelainan kulit Anda?

Atau, dapat juga kemungkinan besar gatal Anda disebabkan oleh neurodermatitis sirkumskripta atau Liken Simpleks Kronik (LSK).

Liken Simpleks Kronik atau LSK merupakan suatu gangguan gatal pada kulit yang kronik (lama dan berulang). Karena kondisi yang sering gatal dan kemudian digaruk, maka beberapa bagian kulit akan menebal. Kekhasan dari LSK adalah gatal tersebut pada umumnya terjadi di kala istirahat dan menghilang di kala beraktivitas, seperti yang Anda alami sekarang. Penyebab pasti dari LSK belum diketahui. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa LSK dapat berhubungan dengan penyakit kulit lain seperti eksim, psoriasis, atau kulit yang kering. Stres dan kecemasan dapat mencetuskan LSK. LSK umumnya muncul pada usia 30-50 tahun dan lebih sering terjadi pada wanita. LSK terjadi pada daerah kepala, leher, lengan dalam, siku, alat kemaluan, bagian dalam paha, lutut, tumit, dan kaki. Riwayat keluarga yang memiliki eksim, psoriasis, dan neurodermatitis sendiri juga mungkin didapatkan pada pasien dengan LSK. Akan lebih baik apabila Anda melakukan tes alergi untuk melihat apakah Anda memiliki faktor alergi sebagai pencetus dari LSK.

Untuk menghentikan gatal yang berulang ini, Anda juga harus menghentikan menggaruk daerah yang gatal. Memang sangat berat, namun apabila semakin digaruk, akan luka dan semakin gatal. Untuk mengurangi gatal, Anda dapat menutupi daerah yang gatal dengan kain atau bandage (agar Anda tdak menggaruknya di kala tidur, hindari kondisi yang meningkatkan rasa gatal, mandi di air hangat dan gunakan pelembab pada kulit Anda, hindari stres, dan pertimbangkan konseling apabila memang stres dan kecemasan yang mendasari gatal Anda.

Penyakit ini sangat bergantung pada pengendalian faktor pencetus termasuk salah satunya adalah stres dan kecemasan. Untuk itu, agar dapat mengendalikan penyakit ini, selain obat-obatan, pengendalian terhadap faktor pencetus juga penting. Jika, Anda membutuhkan konseling dengan dokter spesialis kulit maka hal ini perlu dipertimbangkan dengan baik. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gatal pada leher. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar