Sukses

Lenting Di Kulit

11 Sep 2018, 21:32 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok kulit d bagian badan saya ada melenting..itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Lenting Di Kulit.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebenarnya agak sulit bagi kami untuk menentukan kondisi Anda oleh karena kelainan kulit paling baik ditentukan dengan cara melihat langsung.

Namun demikian, kami akan menjelaskan kedua perbedaan kelainan akibat gigitan serangga dan infeksi virus herpes.

Gigitan serangga kerap menimbulkan reaksi alergi berupa biduran/kaligata atau bahasa medisnya urtikaria. Kelainan kulit yang timbul berupa kemerahan yang menimbul dan keras, bisa berupa bentol saja atau seperti pulau-pulau dan disertai rasa gatal. Kondisi ini akan menyembuh sendiri dalam beberapa hari. Tetapi, dapat diberikan obat untuk mengurangi reaksi peradangan dan rasa gatal.

Sedangkan infeksi virus herpes, biasanya menimbulkan lenting-lenting (seperti melepuh) yang berkelompok pada tubuh. Infeksi ini bisa disertai demam bisa juga tidak. Ada 3 jenis herpes yang sering ditemui, yaitu infeksi herpes simpleks virus tipe 1, tipe 2, dan herpes zoster. Khusus herpes zoster, ini merupakan kelanjutan dari cacar air (varicella zoster) yang dialami sewaktu kecil. Setelah terinfeksi pertama kali, virus herpes umumnya dorman (tidur) dalam tubuh dan gejala akan kambuh kembali sewaktu-waktu jika kekebalan tubuh menurun.

Khusus herpes simpleks tipe 2, ditularkan melalui hubungan seksual, oleh karena itu termasuk ke dalam infeksi menular seksual.

Jika memang kondisi yang Anda alami disebabkan oleh virus herpes, maka pengobatannya sudah benar dengan pemberian antivirus. Namun demikian, antivirus ini hanya efektif bila diberikan dalam 72 jam sejak lenting-lenting pertama kali timbul. Jika diberikan lebih dari 72 jam, efeknya tidak akan signifikan, perjalanan penyakitnya tidak akan memendek. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini akan sembuh sendiri setelah 7-10 hari. Bila setelah waktu ini keluhan tidak juga berkurang, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Lenting Di Kulit. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar