Sukses

Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

11 Sep 2018, 14:21 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dokter, saya ibu menyusui. Saya radang tenggorokan dan meriang. Obat yang aman untuk saya dan juga aman untuk bayi saya apa ya ? Mohon pencerahan nya karena saya sedang menyusui

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Yang paling aman jika Istri Anda sakit tenggorokan pada saat menyusui adalah mengkonsumi bahan alami seperti lemon dan madu untuk melegakan tenggorokan, banyak istirahat dan banyak minum air putih minimal 8 gelas perhari. Karena nyeri tenggorokan biasanya kebanyakan disebabkan oleh virus, sehingga tidak memerlukan antibiotik.

Ada baiknya anda hanya mengkonsumsi obat yang diresepkan langsung oleh dokter, dan tidak meminum obat/herbal yang di jual bebas di pasaran.

Berikut cara alami mengatasi sakit tenggorokan pada ibu menyusui:

Menghirup Uap

Nyalakan humidifier atau vaporizer pada kamar tidur atau ruang tamu. Udara lembap dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap, sehingga mampu mengurangi atau mencegah gejala. Jika Anda tidak memiliki humidifier, Anda bisa merebus air dalam panci besar hingga menghasilkan uap. Hirup uap tersebut dan biarkan panci terus mendidih di atas kompor.

Minum Teh

Buatlah secangkir teh kamomil lalu tambahkan madu dan lemon ke dalamnya. Lemon akan membantu memecah lendir yang berkontribusi terhadap sakit tenggorokan, sedangkan madu akan mengurangi batuk dan meringankan rasa sakit.

Berkumur dengan Air Garam

Campurkan satu sendok makan garam ke dalam setengah liter air hangat, dan berkumurlah beberapa kali sehari untuk melembapkan membran di tenggorokan serta meredakan iritasi. 

Minum Air yang Cukup

Tingkatkan asupan cairan (air putih, sup hangat, dan lain-lain) jika Anda mulai mengalami gejala sakit tenggorokan. Cairan apa pun dapat membantu menipiskan lendir, membuang racun, dan menghidrasi membran.

Permen

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan dapat meningkatkan produksi air liur di mulut, sehingga membantu menjaga tenggorokan tetap lembap. Terlebih lagi jika permen favorit Anda adalah yang memiliki perasa menthol atau peppermint.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar