Sukses

Pertanyaan - #258043

10 Sep 2018, 10:58 WIB
Pria, 45 tahun.

selamat pagi dokter mau tanya terkait diagnose : tumor kelenjar Thyroid suspek papilary adenoma Thyroid. mohon pencerahan nya dan arahan nya doc. thanks

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelenjar tiroid lebih dikenal dengan kelenjar gondok, terletak dibagian bawah leher yang terbagi menjadi bagian kanan dan kiri. Kelenjar yang pada keadaan normal berukuran panjang 2,5 - 4 cm, lebar 1,5 - 2 cm, dan tebal 1 - 1,4 cm ini menghasilkan hormon tiroid yang dibutuhkan oleh hampir seluruh tubuh termasuk proses metabolisme, sehingga perubahan fungsi yang terjadi dapat berpengaruh pada berbagai peristiwa dalam tubuh.

Tumor adalah segala bentuk benjolan yang tidak normal adanya dalam tubuh, dibedakan menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Tumor pada kelenjar tiroid atau nodul tiroid sangat mudah ditemui karena letaknya yang dekat dengan kulit. Istilah nodul ini sendiri dapat berupa kista atau tumor ganas. Yang terpenting dari nodul ini adalah mencari kemungkinan adanya keganasan.

Nodul ini dapat tunggal atau multiple, dan dibedakan juga berdasarkan fungsinya yaitu fungsi naik, fungsi menurun, atau fungsi normal.

Kapan dan pilihan terapi apa yang dapat dilakukan pada nodul tiroid berbeda di tiap kasus. Ada juga tipe nodul yang cukup diamati saja perkembangannya (tanpa pengobatan), dan ada yang harus diberikan terapi penekan hormon, atau terapi bedah (sklerosing, laser, iodium reaktif). Semua ini bergantung dari hasil uji diagnostik dan kebijakan masing-masing dokter.

Bila resiko keganasan rendah pilihannya adalah diamati saja perkembanngannya, diberikan terapi supresi hormonal, terapi sklerosing dengan suntikan ethanol, atau terapi laser dengan tuntunan USG. Atas pertimbangan kosmetik tindakan bedah dapat dilakukan pada nodul yang jinak. Sebaliknya bila hasil tes menunjukkan adanya keganasan, maka perlu segera dilakukan tindakan bedah.

Diskusikanlah kembali bersama dokter Anda mengenai pilihan terapi yang terbaik yang dapat Anda pilih.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar