Sukses

Flek-flek Sebelum Haid, Normalkah?

11 Sep 2018, 11:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Asslmualaikum dok. Saya mau nanya . Harusnya minggu2 sekarang ini jdwal saya menstruasi. Bbrpa hari yg lalu kluar bercak darah dari miss v saya, saya kira menstruasi sya langsung pke pembalut. Tpi pas malam harinya wktu sya mau buang air saya heran pembalut sya msih dlm keadaan bersih cuma ada sdkit bercak agak kecoklatan. Saya coba lepas pmblut sya, sehari stlah itu mrs v saya trasa panas dn gatal serta ada kputihan brwarna cklat. Smpai skrg mrs v sya msih trasa gatal . Apa itu trmsuk tnda sya hamil? Apa yg hrus sya lkukan dok? Mhon bantuannya .

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Yang Anda alami merupakan bagian dari gangguan haid yang tidak teratur. Ini dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal dan juga keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi.

Berikut adalah beberapa penyebab lainnya:

Menggunakan KB spiral (IUD)Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentuOlahraga yang berlebihanMemiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)Sedang hamil atau menyusuiStress psikologisGangguan hormon tiroid (Hipertiroid)Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahimTerdapat mioma dalam rahimBerat badan terlalu berlebih atau terlalu kurusSiklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Gangguan haid selama 1-2 kali dalam setahun biasanya bukan merupakan kelainan yang serius. Sebab, ada waktu-waktu di mana tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap perubahan hormon reproduksi.

Biasanya tidak diperlukan pengobatan kecuali terjadi berlebihan dan mengganggu Anda.

Terkait gaya hidup, berikut adalah 2 cara mudah agar haid Anda lebih teratur:

Cari waktu untuk rileks setelah bekerja. Dapat berupa mandi air hangat, membaca, yoga, atau aktivitas apapun yang Anda senangi dan membuat Anda merasa rileks.Usahakan konsumsi beragam jenis makanan sehat, yang berasal dari buah, sayur, karbohidrat dan lemak sehat, serta protein yang cukup. Suplemen multivitamin juga diperbolehkan.Kami sertakan pula beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar