Sukses

BB Turun Drastis

11 Sep 2018, 11:26 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok, ibu saya usia 46 tahun. Demam naik turun, pusing, kepala sampai pundak terasa berat, telapak tangan terasa bengkak, dingin, dan sering kesemutan, lutut terasa sakit, nafsu makan kurang, berat badan turun, sudah sebulan lebih. Sudah cek darah dan rontgen hasilnya normal, berobat ke dokter sudah 3x diagnosa kelelahan saja. Tp demam dan pusing masih tetap. Ini kenapa ya dok?

Terima kasih atas pertanyaan Anda,Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa hal yang membuat berat badan menurun drastis adalah:

Gangguan Psikis seperti Depresi. Depresi dapat secara tidak langsung membuat seseorang tidak nafsu makan dan berat badan pun menjadi menurun.Penyakit kronis yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC dan banyak lagi.Merujuk dari cerita Anda, kemungkinan keluhan yang Anda rasakan saat ini berhubungan dengan kejadian perceraian orangtuan Anda. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.Memperbanyak minum air putih.Bila memang keadaan ini terus berlanjut kami sarankan agar Ibu konsultasi ke dokter penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari penurunan berat badan yang drastis ini. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar