Sukses

Pertanyaan - #262125
10 Sep 2018, 09:31 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya mau tanya. Tahun 2005 saya pernah sakit telinga sebelah Kiri. Awalnya nyeri, terus berair, terus sering keluar darah. Saya ke dokter umum terdekat cuma dikasi obat tetes dan beberapa tablet anti nyeri dll. Beberapa bulan kmudian didalam telinga sebelah Kanan saya tumbuh seperti daging yg penuh didalam lubang. Saya ke spesialis THT, katanya akibat infeksi, dikasi obat utk 3 hari kalo gak ilang terpaksa operasi ringan. Alhamdulillah setelah konsumsi obat langsung hilang. Sya gak punya masalah telinga lagi, sampai di mulai tahun 2011, awal saya kuliah. Setiap kali saya merasa sangat kedinginan muncul rasa nyeri dalam telinga saya. Bahkan lebih dalam dr batas kita masukkan cottonbuds. Seperti saat saya mandi keramas di cuaca yg dingin, atau saat saya bermotor dijalanan desa malam hari yg dingin, rasa nyeri nya langsung muncul. Dan akan hilang saat saya merasa hangat lagi. Terima kasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Saat ini apakah terdapat luka? Apakah nyeri menjalar ke daerah lain? Adakah cairan yang keluar dari telinga? Apakah nyeri terjadi setelah membersihkan telinga?

Ketika udara dingin, bagi beberapa orang sering mengalami penyumbatan pada tuba eustachius, saluran yang menghubungkan antara telinga tengah dengan hidung. Beberapa organ di dalam rongga hidung juga membengkak karena adanya dingin. Pembengkakan ini menyebabkan perubahan tekanan di dalam tuba eustachius. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, pusing, dan pendengaran yang terhambat. Bila udara sekitar menjadi hangat, jaringan yang bengkak memulih, maka tekanan tuba kembali normal, sehingga keluhan pun berkurang. 

Namun, bisa saja kondisi Anda juga dibarengi dengan situasi lain. Sulit untuk menentukan kondisi kesehatan Anda secara pasti saat ini dengan informasi yang terbatas. Untuk mengatasi rasa nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol. Namun, jika nyeri berlangsung cukup lama dan tidak dapat diatasi dengan anti nyeri biasa, sebaiknya Anda mengunjungi dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan langsung sehingga diketahui penyebab nyeri pada telinga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar