Sukses

Adanya Albumin dan Keton dalam Urin

05 Sep 2018, 14:16 WIB
Pria, 39 tahun.

Dok, saya mengidap DM2, pemeriksaan lab atas urin diketahui, kadar Albumin 25 (+1), glukosa 1000(+4), dan keton 50(+3) apakah ginjal saya masih normal ? dan kenapa tidak ada tanda * =(sebagai penanda klo itu diatas normal) dihasil lab tersebut ? Terima kasih Dok.

Terima kasih telah bertanya tentang Adanya Albumin dan Keton dalam Urin melalui fitur Tanya Dokter

Kami akan menjelaskan mengenai protein dalam urin atau dalam dunia kedokteran disebut dengan proteinuria. Proteinuria (albuminuria) adalah suatu kondisi dimana terlalu banyak protein dalam urin yang dihasilkan dari adanya gangguan fungsi ginjal. Proteinuria pada diabetes biasanya hasi dari kadar gula darah yang tinggi, baik jangka panjang atau hipertensi (tekanan darah tinggi). Ketika ginjal bekerja dengan benar, mereka menyaring produk limbah keluar dari darah akan tetapi tetap menyimpan unsur penting termasuk albumin. Albumin adalah protein yang membantu dalam mencegah air bocor keluar dari darah ke jaringan lain. 

Begitu pula dengan keton yang terdeteksi dalam urin. pada keadaan normal, urin tidak mengandung keton. Pada penderita diabetes, tubuh tidak mampu menggunakan gula darah sebagai sumber energi karena tidak ada insulin yang cukup. Untuk mencukupi kebutuhan energi, tubuh kemudian akan memecah lemak dan membentuk produk yang disebut keton. Oleh karena itu pada beberapa kondisi, urin penderita diabetes dapat mengandung keton.

Apakah hasil pemeriksaan ini sudah Anda konsultasikan ke dokter penyakit dalam yang selama ini merawat? saya sarankan Anda melakukan kontrol ke dokter guna pemeriksaan secara menyeluruh. Dokter akan melakukan evaluasi dari hasil lab dan juga kondisi fisik serta keluhan Anda selama ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Adanya Albumin dan Keton dalam Urin. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar