Sukses

Pertanyaan - #261921
10 Sep 2018, 09:30 WIB
Pria, 27 tahun.

Halo dokter,, Saya mau tanya, kenapa tubuh saya terasa lemas, sedikit pusing, pandangan kurang tajam. Kadang tangan dan kaki terasa dingin tapi berkeringat.? Sebelumnya belum pernah saya rasain kayak gini. Awal kejadian ini saya cuma ngerasa tenggorokan kering disertai batuk pilek dan pusing. Setelah batuk pilek sembuh, pusingnya masih sedikit terasa. Dan tubuh lemas terutama pada kaki tepatnya bagian lutut,?? Dan seperti yang saya tulis tadi di awal... Mohon pencerahannya dokter... Terima kasih..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Saat ini Anda pusing, batuk pilek, nyeri sendi dan rasa lemas. Keluhan ini khas untuk infeksi virus. Infeksi virus penyebab flu (common cold) umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam 1 minggu. 

Apakah Anda memiliki bakat alergi ? Bila iya Anda memiliki saluran nafas yang sensitif sehingga rentan mengalami infeksi. Alergi dingin dan debu agak sulit dihindari karena itu, pencegahannya harus dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Makan makanan yang bergizi
  • Cukup istirahat, yaitu tidur malam selama 8 jam
  • Olahraga secara teratur minimal 30 menit, 3x seminggu
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang tinggi antioksidan
  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  • Perbanyak konsumsi air putih

Karena itu kami sarankan agar Anda mengkonsumsi pereda pusing seperti parasetamol untuk mengurangi keluhan. Bila demam berlanjut hingga lebih dari 3 hari dan pada pengukuran di atas 38 derajat, sebaiknya Anda kembali ke dokter dan melakukan pemeriksaan darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar