Sukses

Sesak Nafas di Pagi Hari

10 Sep 2018, 09:24 WIB
Pria, 21 tahun.

Jika saya tidur, saya sering terbangun diantara jam 4-5 shubuh. Di karenakan nafas terasa sesak, tetapi jika sudah memasuki jam tengah 6 dst. Pernafasan sudah mulai biasa.. Menurut dokter gejala apa yg saya alami, soal nya tidur saya jadi terganggu.. ???

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai sesak disaat pagi hari menggunakan fitur Tanya Dokter

Sesak napas bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kelainan pada otot dan tulang yang menjadi dinding dada, jantung, paru, selaput pembungkus paru, atau ginjal.

Keluhan napas yang berbunyi "ngik-ngik" sering berkaitan dengan Asma. Asma merupakan peradangan kronik yang mengakibatkan saluran napas bagian dalam(bronkus) menjadi sensitif terhadap rangsangan tertentu. Bila terdapat rangsang maka bronkus menyempit, dan mengakibatkan sesak napas. Khas dari asma biasanya muncul hanya bila ada pencetus tertentu, misalnya dingin, makanan tertentu, dll. Apakah ada memiliki riwayat alergi? Apa keluarga ada riwayat serupa atau alergi? Asma sangat berkaitan dengan alergi.

Penderita asma akan mengalami timbulnya bunyi ngik-ngik saat bernapas akibat udara pada waktu bernapas tidak dapat mengalir dengan lancar pada saluran napas yang menyempit. Bunyi ini memiliki nada lebih tinggi dibandingkan dengan bunyi mendengkur.

Gejala asma bisa ringan hingga berbahaya. Apabila Anda masih bisa beraktivitas dengan baik, bicara satu kalimat dengan penuh, menandakan gejala yang ringan. Tapi tentu hal ini bukan hal yang ditoleransi begitu saja. Serangan asma harus segera diatasi supaya tidak menjadi lebih berat.

Saya menyarankan Anda untuk memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih dalam untuk memastikan kemungkinan penyebab penyakit Anda. 

Demikian informasi mengenai sesak di pagi hari ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar