Sukses

Mual Setelah Menstruasi

10 Sep 2018, 09:20 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok. Saya wanita berusia 23 tahun dan blm menikah. Ingin bertanya dok. Memgapa pada saat akhir menatruasi, saya merasakan mual, serasa tdk berenergi, perut kembung, dan pusing di belakang kepala? Terima kasih atas respon yg diberikan.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

 

Terimakasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter dari klikdokter.

 Kami mengerti kekhawatiran Anda. Perempuan seringkali merasakan berbagai sensasi menjelang, selama atau setelah masa menstruasi. Salah satu diantara sensasi tersebut adalah keluhan mual dan muntah. Ada yang mengalaminya menjelang menstruasi, yang umum disebut premenstrual syndrome (PMS), ada yang mengalaminya saat menstruasi (terutama pertengahan menstruasi), namun ada juga yang mengalaminya setelah menstruasi. Penyebabnya bervariasi, dapat terjadi akibat perubahan hormon tubuh yang pada beberapa orang dapat meningkatkan produksi asam lambung, atau berkaitan dengan nyeri menstruasi yang timbul akibat hormon prostaglandin yang juga dapat memengaruhi lambung.

Setiap individu memiliki cara yang bervariasi untuk mengatasi rasa mual. Ada yang dapat diatasi cukup dengan jahe atau mint, ada yang memerlukan konsumsi obat antimual yang dijual bebas, bahkan konsumsi obat penetralisir asam lambung (antacid).

Bagaimanapun, apabila rasa mual timbul setiap bulan di sekitar masa menstruasi dengan intensitas berat yang tidak membaik dengan salah satu cara di atas, saya sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan mencari kondisi medis lain yang mendasari keluhan mual anda, dan mencari solusi optimal untuk mengatasinya.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu.

Terimakasih,

0 Komentar

Belum ada komentar