Sukses

Pertanyaan - #261589

09 Sep 2018, 19:12 WIB
Pria, 32 tahun.

siang dok, apakah berat badan, umur dan tinggi saya seperti ini, tidak mempengaruhi saya untuk dapat anak kan dok, soanya sudah tiga tahun ini saya belum juga di karuniakan anak trima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya seputar pengaruh berat badan terhadap kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Kegemukan dapat menimbulkan berbagai masalah dan komplikasi pada kesehatan, Selain penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke, batu empedu dan radang sendi, ternyata kegemukan dapat juga memberikan pengaruh pada gangguan kesuburan/kesulitan hamil. Gangguan kesuburan akibat kegemukan dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Beberapa akibat kegemukan terhadap kesuburan wanita diantaranya adalah:

Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur)Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Masalah pada proses pembuahanSelain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi juga ternyata menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.

Meningkatkan risiko terjadinya keguguranPada penelitian lebih lanjut juga ditemukan bahwa wanita obesitas cenderung lebih berisiko untuk mengalami keguguran dalam kehamilan.

Pembentukan sel telur yang tidak sempurnaPada penelitian yang meneliti sel telur wanita yang kegemukan ditemukan bahwa sel telur yang diproduksi oleh wanita yang kegemukan juga cenderung tidak normal. Susunan kromosom (pembawa pesan genetik) dalam sel-sel telur wanita yang kegemukan ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

Meskipun begitu, wanita yang terlalu kurus juga dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Menjalankan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, beristirahat dengan teratur, menghindari stres dan berolahraga teratur dapat membantu keseimbangan hormon sehingga memudahkan untuk terjadinya kehamilan.

Berat badan yang ideal dapat anda ketahui dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh). Caranya adalah dengan berat badan (kg) /(dibagi) tinggi badan (m)2 kuadrat. BMI untuk populasi orang Asia yang normal adalah 18.5-24.9 .

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar pengaruh berat badan terhadap kehamilan ,Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar