Sukses

Kelebihan Asam Folat

10 Sep 2018, 08:26 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok saya mau tanya, istri saya sedang hamil di tirmester pertama, dan konsumsi suplemen folavit 400mcg sehari 2 kali sesuai anjuran bidan, nah jika sekiranya istri saya makan makanan yang mengandung asam folat tinggi contoh ati ayam, atau yg lainnya namun dari bahan makanan, apa tidak masalah dok, apa tidak kelebihan asam folat yang katanya bisa berbahaya untui janin, terimakasih ditungg6 jawabannya dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitru Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi asam folat berlebih karena kelebihan asam folat akan dibuang melalui urin. Nah, yang perlu Anda khawatirkan adalah apabila istri Anda kurang mengkonsumsi asam folat. 

Pada ibu hamil, kekurangan asam folat dapat menimbulkan beberapa risiko bagi janin, antara lain:

  • Neural tuba defect

Neural tuba defect atau cacat bawaan yang timbul akibat tidak sempurnanya penutupan neural tube(tabung saraf) selama pertumbuhan embrional. Cacat bawaan yang dapat timbul, misalnya masalah kecacatan pada otak (anencephaly), ataupun masalah tulang belakang janin, seperti spina bifida.

Anencephaly adalah gangguan cephalic yang dihasilkan dari cacat pada tabung saraf yang terjadi pada waktu rostral (kepala) bagian akhir dari tabung saraf gagal menutup. Hal ini biasanya terjadi pada 23 dan 26 hari setelah terjadinya pembuahan. Terjadinya hal ini membuat sebagian besar dari otak, tengkorak dan kulit kepala tidak ada.

Spina bifida adalah cacat lahir yang ditandai dengan terbentuknya celah pada tulang belakang bayi.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat secara rutin selama 1 bulan sebelum terjadi pembuahan dan selama kehamilan akan mengurangi risiko terjadinya kelainan neural tuba sebanyak 50-70%.

  • Anemia

Asam folat bersama dengan vitamin B12 membentuk sel darah merah, jadi kekurangan asupan asam folat dapat memicu terjadinya anemia.

  • Berat badan janin lahir rendah

Kurangnya asupan asam folat dapat menyebabkan gangguan metabolik, misalnya peningkatan homosistein di dalam darah yang dapat memicu komplikasi kehamilan seperti preeklampsia bagi ibu, keguguran dan berat badan lahir rendah pada janin.

Homosistein adalah asam amino mengandung sulfur yang terdapat dalam plasma darah. Homosistein terbentuk secara alami dalam tubuh, namun zat ini dapat menyebabkan masalah kesehatan jika kadarnya terlalu banyak di dalam tubuh. Proses metabolik untuk memecah homosistein membutuhkan adanya vitamin B9 (asam folat), vitamin B6 dan vitamin B12 sehingga kadarnya akan meningkat jika asupan ketiga vitamin tersebut tidak tercukupi.

Di samping itu, penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American Medical Associationmenerangkan bahwa wanita yang kurang mendapatkan asupan asam folat berisiko mengalami keguguran sebanyak 50%.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar