Sukses

Pertanyaan - #261572

09 Sep 2018, 19:11 WIB
Pria, 52 tahun.

Pagi dokter, sebulan terakhir kulit jari dan kaki pecah dan mudah luka, kenapa ya Dok??? Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah sama sekali tidak ada keluhan yang Anda rasakan atas kulit yang pecah-pecah tersebut baik itu rasa gatal, berbau, tampak lembab, dan perih? Bila ada, maka terdapat kemungkinan terjadi infeksi jamur. Lain halnya bila kulit tersebut terkelupas namun tampak menebal dan keras, maka hal ini mengindikasikan kemungkinan tertekannya area kulit tersebut secara terus menerus sehingga mengurangi aliran darah yang menuju kulit tersebut yang menyebabkan penebalan dan pengelupasan.

Bila sama sekali tidak ada keluhan, maka kulit telapak kaki yang pecah-pecah atau disebut sebagai crack heels dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

Kurangnya kelembaban pada kulit telapak kaki, salah satunya akibat sering terpapar bahan kimia contohnya deterjen atau sabun cuci

Penekanan yang berlebihan pada telapak kaki misalnya akibat sepatu yang sempit

Kelebihan berat badan sehingga memberikan beban pada kaki

Sepatu yang tidak mendukung

Paparan air dan kelembaban yang berkelanjutan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbaiki kondisi di atas. 

Jika Anda sudah melakukan cara-cara untuk menangani hal diatas namun tidak ada perbaikan kami sarankan sebaiknya anak Anda segera memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk tatalaksana yang optimal, sebab penyebab yang memberikan gambaran yang berbeda, serta tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Bagaimanapun, pemberian obat-obatan hanyalah bermanfaat untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, akan tetapi yang terpenting adalah tindakan pencegahan dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya.

 

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar