Sukses

Pelecehan Seksual

09 Sep 2018, 01:43 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok jika terkena korban kekerasan seksual anda korban melaporkan kepada pihak berwajib lalu pihak berwajib menyuruh visum ,. Nah divisum tersebut apa saja yang diperiksa oleh dokter ? Dan akan membuktikan apa saja ? Apakah berapa kali dia diperkosa apakah membuktikan si pelaku saja ? Apakah jika pelaku tersebut memakai kondom bisa terdeteksi ? Apa jika pelaku menyuruh korban meminum minuman keras juga bisa terdeteksi ? Mohon jawabannya dok

Terima kasih sudah bertanya mengenai penanganan pelecehan seksual melalui fitur tanya dokter

Pelecehan seksual dalam hal apapun merupakan suatu tindakan pidana yang harus dihukum setimpal sesuai dengan hukum yang berlaku. Suatu tindakan pelecehan seksual seperti pemerkosaan atau sodomi dapat menimbulkan gangguan fisik dan terutama adalah psikis. Gangguan fisik dalam hal ini adalah perlukaan dari alat kemaluan akibat pemaksaan dan tindakan kekerasan. Selain itu perkosaan/sodomi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit infeksi menular seksual apabila terjadi penetrasi penis ke vagina dan atau anus.

KAsus pelecehan terhadap anak dan wanita merupakan tindakan kriminal. Apabila dilakukan oleh orang yang tinggal serumah maka bisa dkategorikan sebagai kekerasan dalam rumah tangga. Anda perlu membawa pasien ke pelayanan kesehatan. Untuk kasus KDRT puskesmas sudah bekerja dan memilki tim khusus yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat. Pihak pelayanan kesehatan akan melakukan pengobatan yang diperlukan dan rujukan bila perlu. Berkaitan dengan unsur kriminal, maka laporan kepada kepolisian perlu dibuat supaya dapat dikeluarkan surat permintaan visum.

Kasus seperti ini bisa mengakibatkan trauma pada pasien. Kondisi ini disebut sebagai PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Penanganan secara komprehensif bisa dilakukan oleh psikiater, berganttung kondisi pasien.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan buka link artikel berikut:

http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697603/apa-yang-harus-kita-lakukan-setelah-alami-kekerasan-seksual

Demikian informasi terkait penanganan pelecehan seksual 

0 Komentar

Belum ada komentar