Sukses

Kosmetik Yang Aman Bagi Ibu Hamil
08 Sep 2018, 20:02 WIB
Pria, 28 tahun.

dok, mau tanya saya lg hamil 24w. rosehip aman ga dipake untuk ibu hamil ? rosehip yg aq pake merk life-flo, deskripsinya sii Natural Living, Cold Pressed. aman ga retinol yg ada rosehip ini ? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar bahan kosmetik untuk ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Beberapa Bahan Kosmetik Yang Tidak Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

  • Retinoid, termasuk retin-a, tretinoic acid dan retinol. Teliti kandungan kosmetik yang hendak Anda beli, jika pada kandungan bahannya terdapat retinoid sebaiknya hindari kosmetik tersebut. Retinoid berbahaya bagi janin karena dapat mengakibatkan kecacatan atau teratogenik. Bahan kimia tersebut biasanya terdapat pada krim anti jerawat.
  • Merkuri. Merkuri adalah bahan kimia berbahaya yang dulu sempat menghebohkan karena terkandung pada sejumlah besar kosmetik berbahaya di pasaran. Tidak hanya bagi ibu hamil, kosmetik yang mengandung merkuri juga bisa mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal pada orang yang menggunakannya secara terus-menerus. Bahan kimia ini sering terdapat pada produk-produk pemutih yang menjanjikan hasil yang instan.
  • BHA. Kandungan BHA atau salicylic Acid di bawah 2% pada sabun atau krim jerawat sebenarnya masih tergolong aman bagi tubuh kita. Tetapi bila Anda sedang dalam kondisi mengandung sebaiknya pilihlah kosmetik yang bebas bahan tersebut karena bisa menimbulkan dampak negatif bagi calon bayi.
  • Hydroquinone. Sama seperti merkuri, bahan kimia hydroquinone juga dapat menimbulkan dampak serius bagi organ dalam baik untuk wanita yang sedang hamil ataupun tidak. Bahan kimia yang berkhasiat memutihkan kulit ini hanya berlangsung sementara saja, efek sampingnya justru akan menyebabkan munculnya noda-noda gelap pada wajah Anda.
  • Benzoil Peroxyde. Benzoil Peroxyde dapat diserap melalui kulit sekitar 5% pada pemberian topikal (oles). Biasa terdapat pada produk untuk jerawat. Meski hingga saat ini belum ada riset tentang defek kelahiran akibat benzoil peroxyde pada janin manusia, risikonya belum diketahui secara pasti. Jadi, sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung benzoil peroxyde.
  • Rhodamin. Bahan kimia tersebut sesungguhnya tidak boleh digunakan dalam produk kosmetika karena merupakan pewarna tekstil. Jika bahan kimia ini masuk ke tubuh manusia dalam jumlah yang tidak bisa ditolerir lagi, maka bisa timbul penyakit kanker kulit atau kecacatan pada janin.

Selama bahan kosmetik yang Anda gunakan bebas dari bahan-bahan yang telah disebutkan diatas bisa digunakan. Tapi terlebih dahulu berkonsultasilah ke dokter kandungan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar