Sukses

Jerawat Pada Badan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

08 Sep 2018, 17:54 WIB
Pria, 22 tahun.

Maaf,dok ,apakah benar bintik2 merah di dada itu jerawat badan,

Terima kasih telah bertanya seputar Jerawat pada badan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya jerawat juga dapat terjadi pada badan. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan diri, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Cucilah muka dan badan dengan sabun khusus untuk kulit berjerawat atau dengan sabun setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat.  Jangan pakai baju kotor atau lembab. Jika hal tersebut tidak mengurangi gejala. Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika dperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi seputar Jerawat pada badan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar