Sukses

Konsep Keperawanan

08 Sep 2018, 09:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok Sebelumnya saya belum pernah sama sekali melakukan hubungan intim hingga pada suatu hri saya melakukan.. Tetapi tdk mengeluarkan darah .dan dia blg saya msh perawan karena dia tdk masukin terlalu dlm. Dan kedua kali nya kami melakukan dan keluar darah. Pertanyaan nya apakah saya sudah tdk perawan lagi dok? Terimaksih

Terima kasih telah bertanya seputar keperawanan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Dua konsep yang dimiliki masyarakat berkaitan dengan keperawanan perempuan adalah: 1. Hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya himen perempuan, dan 2. Hilangnya keperawanan karena telah berhubungan intim untuk pertama kali. Sepertinya pertanyaan Ibu berkaitan dengan konsep yang pertama: himen.

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan. Jadi merujuk kepada pertanyaan Anda, jawabannya bisa iya, namun diperlukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah himen sudah robek atau masih utuh (intak). Walaupun pacar Anda tidak memasukkan penisnya ke dalam vagina Anda hingga full, terdapat kemungkinan darah tersebut berasal dari selaput dara Anda yang robek.

Sebenarnya, definisi yang lebih tepat dari hilangnya keperawanan adalah telah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau telah melakukan hubungan intim.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keperawanan seseorang tidak dapat ditentukan hanya dari utuh atau tidaknya selaput dara namun pada proses penetrasi yang terjadi sebelumnya. Bila bagian dari penis tersebut sudah masuk ke dalam/ depan vagina, maka berdasarkan pengertian ini dapat disebut bahwa keperawanannya sudah hilang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keperawanan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar