Sukses

Sakit Kepala Pasca Kecelakaan

08 Sep 2018, 09:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok saya mau nanyak, saya dlu pernah kecelakaan terbentur d kpala sblh kanan ujung atas. Waktu itu saya blum mrasakn sakit skrg Udah 10 thn berjalan, skrg saya rasain saya sering pusing. Kena panas kpala saya pusing. Ini gimana ya dok cara mngobatinya??

Terima kasih telah bertanya seputar sakit kepala pasca kecelakaan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu dibedakan antara pusing dan sakit kepala. Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar (vertigo). Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala di seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan, mual/muntah? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang?

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adala;

Minum obat penghilang rasa sakitIstirahatApabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat, rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat, segeralah datang ke Dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab sakit kepala Anda.

Mengingat Anda memiliki riwayat trauma (kecelakaan) kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan (misalnya CT-Scan kepala) untuk memastikan apakah kondisi sakit kepala Anda merupakan primer atau sekunder dari kelainan organ lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sakit kepala pasca kecelakaan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar