Sukses

Penanganan Kulit Kering

08 Sep 2018, 09:00 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam, dok. Saya mengalami gangguan kulit di area kaki bagian tulang kering, awalnya timbul bercak putih dan sedikit menebal, lambat laun terasa seperi kulit mengering, kemudian gatal. Saya coba beri salep kulit, beberapa bulan kemudian, gatal semakin terasa kuat, dan muncul luka ketika digaruk. Yang semula bercak putih, kemudian menjadi gelap seperti lebab, namun lapisan luar masih kering. Mohon bantuannya, terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang kulit kering melalui fitur Tanya Dokter.

Kulit kering disebut sebagai xerosis kutis dalam dunia medis. Sebagian besar penyebabnya berasal dari lingkungan, namun beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kulit kering.

Berikut adalah penyebabnya:

Cuaca. Khususnya di daerah dengan kelembapan rendah.

Panas. Penggunaan penghangat ruangan dan peralatan yang mengeluarkan panas lainnya akan mengurangi kelembapan dan membuat kulit kering.

Mandi air hangat.

Sering berenang di kolam dengan kandungan klorin yang tinggi

Sabun, shampoo dan deterjen. Banyak jenis sabun, shampoo dan deterjen yang menyebabkan kulit kering. Terutama, yang menggunakan antiseptik/antibakterial. Paparan matahari. Matahari membuat kulit Anda kering. Sinar UV-nya dapat menembus ke bawah kulit dan menyebabkan kerutan pada kulit.Individu dengan penyakit kulit seperti dermatitis atopik (eksim) dan psoriasis rentan mengalami kulit kering.Bila Anda mengalami kulit kering, berikut hal-hal yang bisa dilakukan:

Gunakan pelembab kulit yang aman (bila Anda cocok dengan 1 merk tertentu tanpa ada reaksi alergi dan sebagainya, sebaiknya tetap gunakan itu)

Bila kulit tangan/kaki sangat kering, oleskan tipis gel petroleum dan gunakan sarung tangan/kaos kaki katun tipis saat tidur.

Bila kulit kering, begitupun dengan kuku, gunakan juga pelembab pada kuku Rawat kuku Anda, dengan tetap menjaganya pendek dan tumpul.

Kuku yang panjang dan tajam dapat melukai kulit Anda

Hindari menggaruk, yang dapat merusak kulit. Bila rasa gatal mengganggu, coba lakukan beberapa hal berikut:

Usahakan area yang gatal tetap lembab, sebab kulit kering akan membuat gatal semakin menjadi

Gunakan krim hidrokortison 1% untuk area gatal yang terbatas; jangan digunakan di wajah atau area kelamin; bila gatal sangat mengganggu, hubungi dokter

Gunakan obat antigatal/antihistamin, seperti CTM, difenhidramin, loratadine atau cetirizineGunakan baju yang longgar dan nyaman

Apabila Anda merasa sangat terganggu dengan kondisi ini, segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh. Harus dievaluasi dulu apa yang menyebabkan kulit kering.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit kering. Semoga bermanfaat.  

0 Komentar

Belum ada komentar