Sukses

Kaki Kecil Sebelah

08 Sep 2018, 06:46 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok kaki saya kecil sebelah (kanan). Kata orang tua saya ini udh bawaan dari lahir. Dan sekarang kaki kanan saya sering lemas, pegal terutama di bagian dengkul itu kenapa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda. 

Secara umum penyebab kaki mengecil akibat otot yang mengecil. Pada jaringan otot berlaku prinsip "Use it or You Lose it". Jadi kaki yang mengecil bisa disebabkan oleh otot-otot di kaki itu tidak digunakan. Kebiasaan berdiri dengan sering menumpu pada satu kaki bisa jadi penyebabnya. Kelainan pada otot itu sendiri atau gangguan syaraf tulang belakang atau penekanan syaraf di sendi lutut dapat juga menjadi penyebabnya. Selain itu, Komplikasi penyakit rematik seperti rheumatoid arthritis (RA) dan osteoarthritis (OA) yang menyerang sendi lutut sering menyebabkan pengecilan otot, atau atrofi otot. Tapi melihat umur dan berat badan Anda kemungkinan akibat OA bisa disingkirkan, sedangkan kemungkinan karena RA masih bisa terjadi, tapi harus disertai gejala lain.

Apakah Anda pernah mengukur lingkaran di kaki Anda, di mana saja yang Anda anggap kecil, lalu bandingkan dengan kaki yang sebelahnya? Karena bisa jadi sebenarnya kaki Anda tidak kecil dan hanya bentuk kecemasan, kekhawatiran saja. Penyakit tersebut dikenal dengan Body dysmorphic syndrome (BDD), dimana seseorang selalu merasa ada bagian tubuhnya yang tidak sempurna, namun ketika dilakukan pemeriksaan fisik tidak didapatkan kelainan seperti yang dikeluhkan.

Untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter Ahli Penyakit Dalam setempat, atau Ahli Syaraf, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian, jika memang penyebab kaki mengecil karena otot di kaki itu tidak digunakan dengan baik, lakukan  olahraga dengan pembebanan ringan pada kaki yang Anda anggap mengecil disertai dengan asupan nutrisi yang baik pula.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar