Sukses

Menghitung Usia Kehamilan
08 Sep 2018, 05:47 WIB
Wanita, 24 tahun.

selmat malam dok. sy mau tanya usia kehamilan sy sekrg kira2 sudah brp bulan yah. terakhir haidh sewaktu tgl 19 mei. bulan juni sampe juli belum haidh lagi udh sering Tp hasilnya negatif pas tgl 21 coba test lagi eh hasilx sudah positif. solnya belum sempat USG usia kehamilannya

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai menghitung usia kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk memperkirakan usia kehamilan dapat digunakan beberapa cara. Yang paling mudah digunakan adalah dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT dapat juga digunakan untuk menghitung taksiran persalinan atau hari perkiraan lahir. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Namun, tentunya cara yang dianggap paling akurat untuk menentukan usia kehamilan adalah dengan ultrasonografi (USG), yang memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Jadi, dari kesimpulan kami, usia kehamilan yang didapat dari pemeriksaan USG yang Anda lakukan dapat dipergunakan sebagai patokan untuk saat ini. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda secara rutin untuk dilakukan pemeriksaan serta terus memantau perkembangan kehamilan Anda. Semoga terus berjalan dengan lancar sampai persalinan ya, Bu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menghitung usia kehamilan, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar