Sukses

Nyeri Leher Kanan

07 Sep 2018, 21:35 WIB
Wanita, 16 tahun.

hallo dok,aku attu umur aku 16thn,kemarin aku ngerasa sakit di bagian leher sebelah kanan depan pegel gitu trs ada benjolan,nah sekarang benjolan itu ilang tp ada lg benjolan di leher belakang sebelah kiri,pegel leher daerah itu + kalau di pegang benjolan itu sakit jg,dan jd sering pusing 2 hari ini

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Nyeri pada leher dapat berupa nyeri saja atau disertai kekakuan. Nyeri dapat menyebar ke bahu, punggung atas, atau lengan atas, serta dapat menyebabkan sakit kepala. Pergerakan leher bisa terbatas. Nyeri pada leher mencakup nyeri di area dasar tengkorak yang meluas hingga ke bahu.

Nyeri pada leher dapat disebabkan oleh cedera pada tulang/sendi leher, diskus vertebrae (bantalan yang memisahkan 1 segmen tulang belakang dengan segmen lainnya), maupun otot dan ligamen tulang-tulang leher.

Seringkali, nyeri leher ini disebabkan oleh tarikan atau kontraksi otot-otot leher yang tidak seharusnya maupun peradangan sendi-sendi leher. Contoh aktivitas yang menyebabkan cedera minor ini adalah:

Posisi kepala cenderung menjulur ke depan (forward posture) atau posisi yang tidak ergonomis ketika sedang bekerja, menonton TV maupun membacaTidur dengan bantalan yang terlalu tinggi atau terlalu rendahTidur tengkurap dengan leher menoleh atau bengkokBertopang dagu dalam waktu lamaStress. Kondisi yang tegang ini menyebabkan otot-otot belakang kepala hingga ke bahu (otot trapezius) menegang dan menyebabkan nyeriBekerja atau olahraga yang menggunakan tubuh dan lengan bagian atas.Penyebab lain yang tidak berhubungan dengan cedera adalah:

Saraf terjepit pada tulang belakang leherMeningitis/radang selaput otakNyeri leher yang terjadi bersama dengan nyeri dada, yang disebabkan oleh serangan jantungTortikolis (kontraksi otot pada satu sisi leher, sehingga kepala terangkat ke satu sisi)Pengobatan nyeri leher bergantung pada lokasi, tipe, dan keparahan cedera. Selain itu, juga tergantung pada usia, kondisi kesehatan dan aktivitas Anda (pekerjaan, olahraga, atau hobi). Untuk saat ini berikut yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri pada leher.

Pada hari-hari pertama, kompres hangat leher yang nyeri atau dengan mandi air hangat.Gunakan pereda nyeri otot seperti ibuprofen atau parasetamol.Hentikan sementara aktivitas atau olaharga yang memperburuk gejala. Lakukan peregangan leher setiap hari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan perlahan dengan gerakan menengok ke kiri dan ke kanan serta ke atas, ke bawah dan berputar.Biasakan postur tubuh yang baik.Hindari menjepit telpon di antara leher dan bahu Anda.Ubah posisi Anda sesering mungkin. Jangan berdiri atau duduk dalam 1 posisi terlalu lama.Lakukan pijatan lembut pada leher.Gunakan bantal penyangga leher yang nyaman ketika tidur.Jangan gunakan penyangga leher tanpa resep dokter.Bila gejala berlangsung lebih dari 1 minggu, konsultasikan kembali dengan dokter Anda atau second opinion dengan dokter lain. Anda juga perlu segera berkonsultasi dengan dokter apabila:

Nyeri pada leher sangat mengganggu, sangat nyeri tanpa penyebab yang jelasTerdapat benjolan pada leherMengalami demam atau sakit kepalaKelenjar getah bening pada leher membengkakTerdapat mual dan/atau muntahSulit menelan atau bernafasMerasa lelahTerdapat kesemutan dan rasa kebas/kebalTerdapat nyeri yang menjalar ke arah lengan atau tungkai bawahTidak dapat menggerakan lengan atau tanganDagu tidak dapat menyentuh dadaTerdapat gangguan usus atau buang air kecilDemikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar