Sukses

Pemberian ASI

07 Sep 2018, 20:53 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya mau tanya dok, anak saya umur 6 bulan semenjak MPASI mulai kurang minum ASI apakah itu tidak apa apa ya dok..?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

meningkatkan kecerdasan bayimengurangi risiko penyakit jantungmengurangi risiko obesitasmengurangi risiko kankermengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diaremembuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama, terutama dalam kondisi yang membuat stres (jurnal Archives of Disease in Childhood) mengurangi kejadian alergi pada anakMakanan-makanan tiruan untuk bayi berupa susu formula tidak ada yang mampu menandingi keunggulan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Selain ASI, pada anak usia 6 bulan ke atas Anda sudah mulai dapat memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dari mulai yang cair, halus hingga yang lebih padat. Misalnya seperti susu formula, buah-buahan yang dihaluskan, bubur susu ataupun nasi tim yang disaring.karena Setelah enam bulan, pemberian ASI saja hanya memenuhi sekitar 60-70% kebutuhan bayi.

 

Pada usia 2 tahun, seharusnya ASI bukanlah makanan utama lagi. ASI pada usia ini merupakan makanan pedamping dengan proporsi yang tidak besar. Makanan utama adalah makanan padat (nasi+lauk pauk+sayur) disertai dengan susu formula.Hal ini disebabkan karena kandungan ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi anak pada usia > 6 bulan, apalagi 2 tahun. Penghentian ASI dapat dilakukan secara perlahan-lahan, umumnya dimulai dari pengurangan frekuensi, awalnya yang 2 kali sehari lalu menjadi 1 kali sehari dan kemudian tidak sama sekali.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar