Sukses

Terlambat Pubertas Pada Laki-Laki

07 Sep 2018, 20:07 WIB
Pria, 19 tahun.

Permisi dok, masa pubertas itu dimulai dan berakhir sampai umur berapa ya? soalnya saya sudah berumur 19 th namun tidak ada perubahan signifikan yang terjadi pada fisik (terutama bentuk tubuh) saya sejak umur 14 th, saya hanya mengalami perubahan suara, tumbuh rambut di beberapa are tubuh, dan sedikit bertambah tinggi. Apa karena berat badan saya ya dok yang menghambat perkembangan fisik saya. Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDokter i KlikDokter.com

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi-fungsi seksual. Masa pubertas saat ini sudah dimulai pada usia 8-12 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa pubertas, pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat.

Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas, ditandai dengan menstruasi pertama (menarche) pada remaja putri dan mimpi basah pada remaja putra. Pubertas menjadikan seorang anak mampu untuk bereproduksi. Pada masa pubertas, terdapat pengaruh hormonal yang mempengaruhi proses ini, yaitu hormon FSH dan LH, ditambah dengan hormon estrogen dan progesteron pada anak perempuan.

Pubertas pada laki-laki diawali dengan perbesaran testis, selain itu juga mulai tumbu rambut rambut halus pada organ genitalia, selanjutnya akan terjadi pertumbuhan tinggi badan dengan cepat sesuai dengan potensi genetik.

Bentuk fisik keduanya akan berubah, pada wanita akan ditandai dengan perubahan bentuk payudara dan pertumbuhan rambut pubis dan ketiak, sedangkan pada laki-laki akan memperlihatkan perubahan pada suara (manjadi berat), otot, dan lainnya yang berhubungan dengan hormon testosteron untuk perkembangan seksual sekunder.

Nutrisi dan lingkungan juga berperan di dalam mempercepat terjadinya pubertas pada anak-anak. Dibandingkan dahulu dimana pubertas baru dialami pada anak usia 15-17 tahun, saat ini pubertas terjadi lebih dini pada usia belasan awal atau di bawah 11 tahun.

Untuk memastikan apakah pubertas anda sesuai atau tidak, diperlukan evaluasi menyeluruh. Kami sarankan melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan hal tersebut.

Sekian penjelasan dari kami, semoga dapat dimengerti.

0 Komentar

Belum ada komentar