Sukses

Gatal di Kulit Kepala
07 Sep 2018, 12:43 WIB
Pria, 33 tahun.

Selamat Siang... Dokter sy mau bertanya sudah 1 thn sy merasakan gatal dalam kepala tepatx dalam ubun2 yang tidak bisa digaruk. sy riwayat sinus tetapi dari dokter THT...Malah dirujuk ke syaraf terus dari dokter syaraf sdah di CT Scan & Normal...apakah ini pengaruh dari sinus sy dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menanyakan tentang kulit kepala gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Bila memang tidak ada masalah pada otak, karena diketahui CT scan normal, maka kemungkinan penyebab gatal ada pada area luar seperti kulit kepala. Apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan?

Penyebab paling sering dari kulit kepala gatal adalah ketombe. Ketombe merupakan suatu bentuk dermatitis seborhoic, yang dapat disebabkan oleh infeksi kuman atau jamur. Atau dapat juga disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit kepala sensitif.

Apabila memang ketombe Anda disebabkan karena jamur maka dapat memakai produk antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazol. Sampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfid juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk sampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas.

Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal.

Demikian informasi tentang kulit kepala gatal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar