Sukses

Berat Badan Bayi Tidak Naik

07 Sep 2018, 12:01 WIB
Pria, 2017 tahun.

susu sgm BBLR untuk usia 2 bulan boleh nggak ya soalya berat badannya nggak naik2

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar berat badan bayi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk susu yang ingin diberikan, keputusannya diserahkan pada Anda. Namun, bila memang berat badan dan tinggi badannya berada dalam status gizi yang tidak normal, sebainya didahului dengan pemeriksaan ke dokter anak. Dokter anak akan membuat strategi peningkatan berat badan yang lebih terstruktur. Sayangsekali Anda tidak menyebutkan tinggi badan dan berat badan anak Anda saat ini.

Pertama-tama penting untuk menentukan apakah memang bayi Anda bermasalah dengan pertambahan berat badan. Berikut adalah panduannya: Bagaimana Pola Pertumbuhan Bayi Tahun Pertama?

Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan bayi yang minum ASI kurang baik:

Cara menyusu yang salah, yang mempengaruhi asupan kalori bayi.

Frekuensi BAK dan BAB bayi menentukan apakah ia sudah cukup minum ASI.

Beberapa hal dapat mempengaruhi frekuensi bayi menyusu, seperti kuning, sering mengantuk, distraksi, dan penggunaan empeng/pacifier.

Apakah Anda mengizinkan bayi yang menentukan kapan harus berganti payudara? Atau Anda yang menentukan? Lamanya bayi menyusu tidak serta merta ia mendapat kalori yang cukup. Yang terpenting adalah ia mendapatkan asi belakang yang mengandung banyak lemak.

Apakah ketersediaan ASI ibu mencukupi?

Bayi yang sakit (meskipun hanya sakit ringan) dapat mengalami pertambahan berat badan yang lambat bahkan menurun.

Hal lain yang mempengaruhi ialah infeksi telinga, infeksi jamur pada mulut, gumoh, anemia, alergi, tongue-tied, dan infeksi saluran kemih.Kami sarankan agar Anda membawa bayi Anda ke dokter anak konsultan laktasi (SpA-IBCLC) agar diperiksa secara menyeluruh mulai dari bayi hingga cara menyusuinya. Dengan demikian dapat ditentukan penanganan yang tepat. Jangan ditunda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berat badan bayi. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar