Sukses

Keluar Flek Coklat Sebelum Haid

07 Sep 2018, 11:36 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dokter, selama sekitar 6 bulan belakang, saya mengalami flek coklat kemudian bercak darah sedikit dan gumpalan darah sedikit juga sebelum haid, kemudian setelah 3 atau 4 hari berikutnya baru keluar darah menstruasi yang banyak, biasanya saya hanya mengeluarkan flek 1 hari sebelum darah menstruasi keluar banyak, apakah kondisi yang saya alami normal? Atau itu bukanlah kondisi yang normal?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Ada banyak alasan untuk memperhatikan keluarnya lendir kecoklatan, salah satunya adalah keterlambatan dalam siklus menstruasi yang teratur. Di bawah ini adalah beberapa penyebab keluarnya lendir kecoklatan (atau coklat) sebelum datang bulan :

·         Cairan menstruasi terdiri dari darah kotor, nutrisi dan lapisan endometrium. Dalam beberapa kasus, hanya lapisan endometrium akan dikeluarkan dari vagina, yang berwarna coklat. Ini adalah salah satu alasan mengapa beberapa wanita mengalami keluarnya lendir kecoklatan sebelum masa haid.

·         Mengambil kontrasepsi atau pil KB dapat mengubah bersama berfungsinya dua hormon wanita utama, estrogen dan progesteron. Pil kontrasepsi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh, terutama saat menstruasi dan kehamilan. Pil ini juga mengubah tingkat hormon. Jika pil ini dihentikan atau jika seorang wanita gagal untuk mengambil pil ini sesuai dengan resep, maka ia mungkin mengalami keluarnya lendir berwarna coklat sebelum periode kontrol kelahiran.

·         Salah satu tanda-tanda awal bahwa seorang wanita hamil adalah pendarahan implantasi, yang juga dikenal sebagai bercak implantasi. Tanda-tanda perdarahan selama implantasi terjadi ketika janin tertanam pada lapisan dalam rahim disebut lapisan endometrium dan menyebabkan pecah pada lapisan, yang menyebabkan bercak implantasi yaitu merah muda atau kecoklatan. Pendarahan implantasi terjadi sekitar 2-3 hari, dan terlihat setelah ovulasi atau sebelum periode berikutnya.

·         Alasan lain untuk terjadinya keluarnya cairan coklat bisa karena adanya polip. Polip, juga disebut sebagai tumor, yang berkembang abnormal, dalam rahim dan sifatnya jinak. Perdarahan di dalam rahim karena polip menyebabkan keluarnya cairan yang berubah warna.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar