Sukses

Infeksi Saluran Kemih
07 Sep 2018, 10:07 WIB
Wanita, 40 tahun.

Halo dokter.. Saya sakit anyang-anyangen (ISK) sudah berkali-kali ke dokter blm sembuh, diberi resep antibiotik dan pelancar kencing. Hasil lab terakhir ada bakteri (ini sdh cek lab yg kedua). Urin saya juga berbau. Bahayakah kondisi saya? Hasil USG tdk ada masalah semua normal, tapi ada inflamasi saluran kencing. Apakah saya harus ke spesialis urologi? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi saluran kemih melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayat Anda, sepertinya Anda mengalami gejala infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) menyebabkan keluhan sering buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah kencing), bisa disertai dengan perubahan warna kencing menjadi keruh atau kemerahan (disertai darah). Demam juga bisa terjadi apabila infeksi telah naik hingga ke ginjal. Apakah terdapat nyeri pinggang yang menjalar ke selangkangan?

Infeksi saluran kemih umumnya dipicu oleh kebiasaan minum yang sedikit, suka menahan BAK, sanitasi yang buruk, dan hubungan seksual yang tidak sehat. Secara umum, penyakit ini tidak menular. Bila memang ISK Anda memanjang, apakah faktor-faktor risiko ini sudah diperbaiki?

ISK umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;

ISK atas:  gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.

ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kencing sakit terutama pada akhir kencing, anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dan rasa masih ingin kencing lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air kemih yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.ISK atas maupun bawah harus ditangani dengan pemberian antibiotik sesuai dengan bakteri penyebab. Karena jika tidak diobati segera, peradangan akan terus berlanjut dan dapat mengakibatkan komplikasi pada ginjal. Oleh sebab itu kami sarankan Anda segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain antibiotik, penderita infeksi saluran kemih umumnya juga diberikan obat antinyeri untuk mengurangi rasa sakit ketika berkemih. Selain itu, disarankan pula untuk minum air putih paling sedikit 2 Liter per hari dan tidak menahan jika ingin BAK.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar