Sukses

Anak Demam, Batuk, Radang Tenggorokan
07 Sep 2018, 10:07 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok saya punya anak laki2 umur 3,5 gak mau makan hanya minum susu,skg mengeluhkan sakit perut. radang tenggorokan. batuk. demam . Mohon bantuan nya apa yg harus saya lakukan.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin bertanya beberapa hal.anda mengatakan anak anda demam,berapa suhu anak anda tepatnya?sudah berapa lama keluhan ini dirasakan?Apakah demam anak anda dirasa sepanjang hari atau naik turun?aselain sakit perut, adakah diare, muntah?obat apakah yang sudah anda berikan?

Demam hanya merupakan suatu gejala dari sebuah penyakit, bukan merupakan penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi. Pada Anak Anda, batuk  mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas.

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter jika dalam waktu 2-3 hari, demam (terutama demam tinggi) tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa seperti paracetamol atau ibuprofen. Untuk mengatasi demam pada anak, Anda juga dapat mengompres dengan air hangat, karena pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat atau meningkat sehingga tubuh pun akan memberikan respon untuk menurunkan suhunya secara otomatis. Selain itu, gantikan baju anak bila sudah mulai basah dan perhatikan asupan cairan anak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Anda juga perlu memberikan makanan yang bergizi dan juga istirahat yang cukup untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Bila anak hanya mau minum susu, Anda dapat secara perlahan mengurangi jatah susu agar anak merasa lapar dan akhirnya mau dibujuk makan. Sebab bila keseringan minum susu, tentunya anak kenyang dan tidak mau makan.

Dengan memperbaiki daya tahan tubuh anak anda, maka kerentanan untuk terinfeksi suatu penyakit juga berkurang. Untuk mengetahui pengobatan yang tepat dalam mengatasi keluhan anak Anda, diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demam

Benarkah Batuk Pilek Karena Kehujanan?

Penurun Demam Perlemah Imun 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar