Sukses

Nyeri tenggorokan dan bintik merah

07 Sep 2018, 08:30 WIB
Pria, 17 tahun.

hallo dok saya ingin bertanya tentang tenggorokan saya , keluhan saya adalah di tenggorokan saya sering sekali sakit dan ada tonsil disertai bintik merah pada tenggorokan di bagian belakang lidah dan tak kunjung sembuh sampai sekarang . kira kira penyebabnya apa dok dan cara mengobatinya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Bintik merah pada dinding belakang tenggorokan Anda bisa jadi merupakan reaksi radang akibat adanya infeksi pada area tersebut.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. 

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.

Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain.

Untuk memastikan penyebab bintik merah pada dinding belakang tenggorokkan Anda, kami anjurkan Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT terdekat, agar dapat diberikan terapi yang disesuaikan dengan penyebabnya. Jika memang radang, maka dapat diberikan anti radang dan antibiotik (bila curiga penyebabnya adalah infkesi bakteri). Jika radang telah sembuh, maka bintik merah tersebut akan perlahan hilang dengan sendirinya.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar