Sukses

Perut Kembung dan Sulit BAB

07 Sep 2018, 06:10 WIB
Wanita, 24 tahun.

dokter, saya sempat mengalami sakit parut hebat. setelah konsul ke dokter saya punya magh. setelah beberapa hari sudah membaik. perut saya kembung dan susah BAB maupun BAK. sudah ± 2 mingguan apakah itu efek dari obat sebelumnya

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Perut kembung yang Anda alami bisa disebabkan oleh sakit mag-nya. Akan tetapi, sulit BAB yang dialami kemungkinan karena obat-obatan yang dikonsumsi.

Meski demikian, tetap perlu dicari penyebab lain agar pengobatannya tepat.

Sementara, berikut yang dapat Anda lakukan untuk melancarkan BAB:

  • Makan makanan yang tinggi kadar seratnya. Makanan yang mengandung banyak serat, akan membantu tubuh membentuk tinja yang lebih lunak. Jenis makanan tersebut, diantaranya adalah kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Hindari atau kurangi makanan yang tidak atau hanya sedikit mengandung serta, seperti keju, daging, dan makanan yang mengalami pemrosesan (misalnya diasap). Sebaiknya jumlah konsumsi makanan tinggi serat ini dilakukan secara bertahap, awalnya hanya sedikit, lalu ditingkatkn sedikit-sedikit. Hal ini perlu dilakukan karena jka saluran cerna belum terbiasa dengan serat yang dimakan, justru akan menimbulkan keluhan kembung.
  • Berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik akan membantu menstimulasi aktivitas usus.
  • Asupan cairan yang cukup. Minum air atau cairan lain dalam jumlah cukup akan membantu melunakkan tinjaJangan menahan BAB.
  • Bila perlu, gunakan pencahar. Pencahar yang paling aman ialah yang mengandung laktulosa. Pencahar ini bekerja dengan membentuk massa, yang kemudian akan merangsang usus besar untuk BAB. Produk pencahar lainnya, termasuk yang ibu Anda konsumsi sebaiknya digunakan secara terbatas dan atas anjuran dokter.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun tidak ada perbaikan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk ditelusuri lebih lanjut penyebab perut kembung dan sulit BAB-nya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar