Sukses

Sperma Keluar Setelah Berhubungan Intim, Normalkah?

07 Sep 2018, 05:43 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau bertanya jika setelah HB apa wajar sperma selalu keluar ? Misal saya HB malam hari dan saat paginya saya bangun dan berdiri spremanya langsung keluar banyak seperti sedang haid dok. Dan saya sering sakit di bagian bawah perut sebelah kiri saat berhubungan, apakah itu wajar dok ? Mohon penjelasanya 🙏

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pada saat hubungan intim mencapai puncaknya, pria akan mengalami ejakulasi, yaitu mengeluarkan cairan mani yang berisi sperma. Apabila ejakulasi dilakukan di dalam, saat penetrasi, sebagian besar cairan mani biasanya akan tertampung di dalam area vagina yang disebut dengan forniks posterior. Sebagian kecil, akan masuk ke leher rahim kemudian naik ke rahim dan saluran telur. Sperma yang naik hingga saluran telur ini dapat membuahi sel telur/ovum apabila waktunya tepat (ketika wanita mengalami ovulasi). 

Sebagian besar cairan mani yang tertampung di forniks posterior akan dengan mudah keluar dari liang vagina wanita apabila bergerak. Jadi, yang Anda alami merupakan hal yang normal. Karena memang tidak semua cairan mani yang keluar saat ejakulasi akan masuk ke dalam rahim wanita. 

Terkait dengan nyeri perut bawah kiri setelah berhubungan intim, dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Infeksi kandung kencing
  • Penyakit radang panggul (infeksi organ kandungan)
  • Endometriosis
  • Kista ovarium (indung telur)
  • Kelainan pada leher rahim

Kondisi-kondisi ini dapat diperiksa melalui USG perut dan kandungan. Sebaiknya, jika keluhan Anda terus-menerus ada, segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar