Sukses

Retinopathy of Prematurity

06 Sep 2018, 22:03 WIB
Pria, 32 tahun.

Anak saya lahir premature dengan BBL 950gr usia kandungan 28 minggu, setelah 2 bulan d irawat d RS dan hasil screening salah satu mata regresi ROP stage 1 No plus, dan Imature Zone 2, pertanyaanya apa yang dimaksud Regresi ROP stage 1 dan Imature zone 2??kapan bayi aaya bisa melihat?terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang kelainan mata pada anak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi anak Anda dan akan mencoba menjawab pertanyaan Anda melalui informasi yang terbatas.

Bayi prematur sangat rentan mengalami retinopathy of prematurity (ROP) atau kelainan jaringan retina pada bayi prematur. Sekitar 10%n kelahiran bayi prematur mengalami ROP.

Retina adalah organ yang sangat vital dari seluruh jaringan mata. Organ tersebut berfungsi menangkap rangsang cahaya sehingga seseorang bisa melihat. Pembuluh darah retina mulai berkembang pada usia kehamilan 16 minggu dan terbentuk sempurna saat menginjak 40 minggu. Sedangkan pertumbuhan pembuluh darah bayi prematur belum sempurna.

Pertumbuhan tak sempurna itu membuat timbulnya pembuluh darah abnormal. Efeknya, komplikasi pendarahan atau kerusakan jaringan retina. Hal inilah yang berpotensi kebutaaan permanen pada bayi.

Sebaiknya konsultasikan secara mendetail dengan dokter spesialis anak dan juga dokter spesialis mata yang ahli menangani kasus mata pada anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar