Sukses

Apakah Sinyal Wifi Berbahaya?

06 Sep 2018, 15:08 WIB
Pria, 41 tahun.

Akhir-akhir ini viral cerita tentang seorang anak yang terkena kanker darah bernama zein raffael khasan karena terus-menerus terkena radiasi HP dan pancaran sinyal wifi. di rumah kami juga punya sinyal wifi untuk kepentingan internet di rumah. yang igin saya tanyakan, apakah ini memang sangat berbahaya bagi tubuh kita? dan jika ya, kenapa tidak ada anjuran kehati-hatian dari pihak kesehatan tentang bahaya penggunaan wifi atau hp tersebut? dan jika ada toleransinya, seperti apa kira-kira kiat penggunaan internet dan sinyal wifi yang aman bagi tubuh? terima kasih.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah bertanya tentang wifi dan kesehatan melalui fitur Tanya Dokter.

Klaim yang mengatakan bahwa wifi berbahaya untuk kesehatan masih pro dan kontra.

Ada yang mengatakan bahwa Wifi bisa memicu kanker. Namun pernyataan ini hingga kini belum terbukti. Wi-Fi mempunyai energi untuk melancarkan gelombang elektromagnetik, namun gelombang ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkatan gelombang yang dibutuhkan untuk dapat merusak DNA sehingga tidak ada mekanisme yang mendukung teori bahwa Wi-Fi memiliki efek karsinogenik (bersifat menyebabkan penyakit kanker).

Memang benar bahwa wifi memiliki frekuensi yang sama seperti radiasi gelombang mikro, tapi dikarenakan memiliki daya yang sangat rendah, efek radiasi yang ditimbulkan untuk mencapai efek kerusakan materi genetik tidak dapat dibuktikan.

Ada pula klaim yang mengatakan bahwa sinyal wifi dapat membahayakan otak anak dan bisa menimbulkan kanker otak. Hal inipun masih kontroversial sebab seperti yang sudah dijelaskan tadi, wifi merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat lemah, bahkan lebih lemah daripada sinyal microwave.

Namun demikian, pada orang-orang tertentu yang sangat sensitif terhadap radiasi, wifi dapat memicu beberapa gejala seperti sakit kepala, mual, lemas, dan pandangan kabur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar wifi dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar