Sukses

Pengobatan Penyakit Prostat
06 Sep 2018, 13:44 WIB
Pria, 72 tahun.

Dok, ayah saya diberi obat dan diminta berlatih dengan mengikatkan karet di selang kateter selama seminggu. Jika setelah seminggu kateter dilepas dan ayah saya masih belum bisa Bak dengan benar, maka diambil tindakkan operasi terkait dugaan adanya prostat. Pertanyaan saya adalah: adakah metode ampuh lainnya dalam melakukan terapi buang air kecil selain mengingatkan karet di selang? Menaruh air panas di bawah perut? Saya berharap ada cara lainnya (mengkonsumsi sesuatu mungkin). Sebisa mungkin saya sangat berharap, bismillah, ayah saya terhindar dari operasi. Pertama, karena ayah saya sudah di usia lanjut usia (72 tahun) dan kedua, jujur saja, biaya operasi sangat mahal. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Penyakit Prostat melalui fitur Tanya Dokter

Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak mengelilingi leher dari kandung kemih bagian bawah dan di uretra (saluran kemih). Fungsi dari prostat adalah memproduksi cairan prostat yang merupakan cairan utama dari semen ketika pria ejakulasi. Ada 3 kondisi yang dapat terjadi pada prostat yaitu :

1. Pembesaran prostat (Benign Prostat Hiperplasia/BPH)

2. Prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat)

3. Kanker prostat

Gangguan prostat dapat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hesitency (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), bladder emptying (tidak lampias), incontinence (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency ( tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari meningkat), diuria (jumlah kencing di siang hari meningkat).

Jika terjadi masalah atau gangguan pada prostat, maka penanganan yang dapat diberikan dokter adalah pemberian obat atau operasi. Namun untuk penanganan yang tepat, kami sarankan sebaiknya periksakan keluhan ayah Anda kepada dokter Spesialis Urologi agar dapat dievaluasi lebih lanjut mengenai keluhan yang dialami agar dapat segera diambil tindakan terhadap penyebabnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Mengatasi Penyakit Prostat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar