Sukses

Penyebab Kejang Demam pada Anak

06 Sep 2018, 13:03 WIB
Pria, 32 tahun.

Saya mau tanya dok. Apakah kejang demam pada anak di bawah usia 5th itu berbahaya.dan apakah bisa mempengaruhi untuk perkembangan otak pada anak yg sering kejang demam. Soalnya anak saya saat ini usia 3,5th. Dan jika demam sering kejang. Dan sy sering mendapat informasi dari teman atau tetangga jika kejang pada anak itu berbahaya. Bisa menyebabkan kerusakan syaraf otak. Dan epilepsi. Apakah itu benar dok. Jika benar. Bagaimana penangan pertama jika terjadi kejang pada anak disaat demam. Terima kasih

Terima kasih Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai kejang demam pada anak melalui fitur tanya dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada anak-anak usia 6 bulan hingga 5 tahun penyebab tersering adalah kejang demam dan penyebab lainnya adalah  epilepsi, infeksi pada otak atau selaput otak, gangguan elektrolit akibat diare, kurang gula, trauma kepala, tumor otak, keracunan, kekurangan oksigen di otak serta pembengkakan otak. Namun jika kejang selalu terjadi saat demam maka diagnosa penyakit epilepsi dapat disingkirkan. 

Kejang dapat menyebabkan gangguan pada otak mulai dari gangguan nutrisi ke otak, gangguan suplai oksigen ke otak, dan sebagainya bila terjadi berulang dan dalam waktu lama. Bila terdapat gangguan yang cukup berarti pada otak maka dapat timbul gangguan mulai dari gangguan tumbuh dan kembang anak, gangguan perilaku, gangguan belajar, cacat fisik, cacat mental, hingga kematian. Untuk menjaga terjadinya kerusakan sel otak tentunya dapat kita lakukan dengan mencegah terjadinya kejang. Sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk mengetahui pencegahan demam jika nanti kejang berulang kembali. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar