Sukses

Nyeri Dada Saat Olahraga

06 Sep 2018, 12:15 WIB
Pria, 29 tahun.

Halo Dokter, Saya memiliki 2 pertanyaan: 1. Saya suka olahraga jogging, namun beberapa kali saya mengalami sakit di bagian dadgah saat menarik napas dan ini sangat mengganggu. Biasanya saya istirahat sampe detak jantung normal baru mulai jogging lagi. Pertanyaa saya, mengapa hal itu bisa terjadi dok? dan pencegahannya bagaimana dok? terima kasih. 2. Saat mengikuti beberapa olahraga lainnya seperti hip hop, zumba, dan hiit cardio. Di tengah-tengah latihan kadang saya mengalami tiba-tiba lemas, sedikit sesak, gelap, dan langsung pucat, rasanya mau pingsan. Biasanya saya langgsung duduk dan berangsur-angsur membaik dan saya bisa beraktifitas seperti sedia kala. Bagaimana cara mengatasinya dok dan apa penyebabnya? Terima kasih Salam

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri dada saat olahraga melalui fiur tanya dokter.

Nyeri dada bisa disebabkan oleh gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan angina. Bagaimana dengan nyeri dada yang suami Anda rasakan?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan suami Anda?

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak. Sedangkan nyeri karena saluran pencernaan biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

Saat melakukan aktivitas olahraga, didalam tubuh terjadi metabolisme untuk menghasilkan energi. Apabila pasokan energi berkurang, maka tubuh akan mengirimkan ssinyal-sinyal kelelahan yang meminta tubuh untuk beristirahat dari aktivitas yang sedang dilakukan.

Untuk itu, disaat berolahraga jangan terlalu memaksakan tubuh Anda. Berolahragalah sesuai dengan kemampuan tubuh, dan pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi akibat berolahraga berat.

Jika keluhan sangat menganggu, untuk memastikan penyebabnya sebaiknya periksakan Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri dada. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar