Sukses

Dada menonjol pada pria

05 Sep 2018, 13:16 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau nanya ini dada saya krnapa ya dok menonjol seperti gunung tapi ga nyeri kok dok cuman gatal aja knapa ya ? Trus apa yang saya harus lakukan dok? Saya harus konsul ke dokter spesialis mna dok ? Terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Dari keterangan yang Anda berikan kemungkinan yang Anda alami yaitu ginekomastia. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  • Proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan)
  • Proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alkohol.

Untuk itulah, agar dapat menangani ginekomastia dengan baik maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui apakah disebabkan karena proses normal atau tidak normal. Dan jika disebabkan oleh proses tidak normal, juga perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Penanganannya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.

Terdapat dua penanganan ginekomastia:

  • Operasi untuk mengangkat jaringan payudara yang berlebih
  • Pengobatan untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon.

Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hormonal, USG payudara, mamografi, MRI, USG testis ataupun pemeriksaan penunjang lain. Setelah diketahui penyebab yang mendasari, barulah kemudian dokter spesialis penyakit dalam yang akan memutuskan untuk merujuk Anda ke dokter spesialis lain seperti dokter bedah ataupun dokter bedah plastic bila diperlukan tindakan pembedahan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar