Sukses

Menangani Fibromyalgia

06 Sep 2018, 10:33 WIB
Pria, 25 tahun.

Halo Dokter. Saya pernah jatuh posisi duduk dari kursi setahun yg lalu, sebulan kemudian saya merasakan sakit pinggang yang cukup parah, sampai dua bulan terakhir sakitnya menjalar ke hampir seluruh tubuh. Akhirnya berdasarkan gejala yang dirasakan saya di diagnosa fibromyalgia oleh salah satu dokter. Apakah penyebab fibromyalgia tersebut dari kejadian jatuh tersebut? Adakah rekomendasi perawatan yang dapat menyembuhkan? karena dengan konsumsi obat saat ini saya masih merasakan sakit dan sangat membatasi aktivitas saya. terimakasih sebelumnya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar fibromyalgia di KlikDokter.com,

Fibromyalgia adalah kondisi yang ditandai dengan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi di seluruh tubuh. Peneliti mengatakan bahwa pada fibromyalgia, sensasi nyeri lebih terasa akibat perubahan pola pemrosesan sinyal nyeri di otak.

The National Fibromyalgia & Chronic Pain Association menyatakan, 4 persen dari seluruh jumlah penduduk di seluruh dunia mengalami fibromyalgia. Fibromylagia lebih banyak terjadi pada perempuan. Angkanya mencapai 80 persen dari seluruh kasus, dan lebih banyak terjadi pada usia paruh baya.

Gejala fibromyalgia kadang dapat muncul pada beberapa kondisi, seperti setelah operasi, infeksi, cedera, atau stres. Gejala fibromyalgia bisa berupa:

Nyeri di seluruh bagian tubuh dalam waktu lama (setidaknya tiga bulan).Menurunnya kemampuan untuk fokus dan konsentrasi.Perasaan lelah saat baru bangun tidur, meski durasi tidur cukup.Gangguan tidur seperti keinginan yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki (restless leg syndrome).Gangguan napas saat tidur.Adapun gejala penyerta dari fibromyalgia, yaitu sakit kepala, nyeri pada persendian rahang dekat telinga (temporomandibular joint disorder), kontraksi berlebihan pada usus besar (irritable bowel syndrome), dan nyeri pada kandung kemih (painful bladder syndrome).

Penyebab dari fibromyalgia belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi fibromyalgia, yaitu faktor genetik, stres, cedera fisik, dan infeksi.

Obat-obatan yang diberikan untuk penderita fibromyalgia biasanya hanya untuk meredakan gejala nyeri dan untuk memudahkan tidur. Obatnya meliputi antinyeri, antidepresan, dan mungkin dikombinasi dengan obat antikejang tertentu. Obat antikejang tertentu yang disinyalir memiliki efek pereda nyeri yang baik pada fibromyalgia.

Selain pemberian obat-obatan, terapi fibromyalgia juga disertai dengan terapi fisik dan konseling. Terapi fisik berperan untuk melatih dan meningkatkan stamina, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh. Sedangkan konseling atau konsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikolog diharapkan dapat membantu mengatasi stres.

Anda juga bisa melakukan beberapa upaya untuk meredakan gejala fibromyalgia, yaitu dengan mengurangi stres, berolahraga secara rutin, mencukupi waktu tidur, dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan anggap remeh gangguan yang ditimbulkan oleh fibromyalgia, karena dapat menurunkan produktivitas Anda. Bahkan, Anda memiliki kemungkinan mengalami depresi dan kecemasan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar